Iklan Atas Artikel

Keuchik dan Operator Gampong Ikuti Pelatihan Siskeudes Versi 2.1

Sambutan Sekcam Pandrah Jonisaf, S.Sos pada pembukaan petihan Siskeudes (20/09/2019).
Bireuen. Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) kecamatan Pandrah Kabupaten Bireuen menggelar pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek) penerapan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.1.

Acara yang berlangsung selama dua hari diikuti oleh seluruh Keuchik, Keurani Gampong, Kaur Keuangan dan Operator Gampong dalam Kecamatan Pandrah yang berjumlah 76 Peserta. Kegiatan ini dibuka oleh Sekcam Kec. Pandrah Jonisaf, S.Sos di Aula kantor Camat Pandrah Pada Jum'at (20/09/2019) dan berakhir hari sabtu (21/09/2019).


Dalam sambutannya Jonisaf menyampaikan dalam pengelolaan dana desa harus berdasarkan musyawarah dan memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam pengelolaannya. Beliau juga mengharapkan melalui Aplikasi Siskeudes akan terciptanya transparansi dalam pengelolaan dana desa. Dengan adanya pelatihan seperti ini akan meningkatkan kapasitas Keuchik dan Aparatur desa lainnya, khususnya dalam pengelolaan dana desa. 

Bapak Juliadi, S.E mewakili Kadis DPMG-PKB mengatakan tata kelola dana desa sebenarnya sama seperti tahun sebelumnya, pelatihan Siskeudes merupakan keharusan dari pemerintah, apalagi ini merupakan amanah dari undang-undang nomor 6 tahun 2015 dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan  desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif. Keuntungan Siskeudes salah satunya ialah dapat menyimpan data keuangan desa dengan aman. Beliau juga mengatakan laporan keuangan desa  harus sesuai dengan keadaan (realita).

Foto bersama pemateri dan Operator gampong setelah penutupan (21/09/2019)

Adapun pemateri dalam bimtek tersebut ialah Kabid DPMG-PKB Kab. Bireuen didampingi oleh beberapa stafnya. Output yang diharapkan dari Pelatihan Siskeudes ini setiap desa dapat menerapkan aplikasi Siskeudes Versi 2.1 dengan baik menggunakan sumber daya manusia di desa masing-masing. (msp*)

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel