Iklan Atas Artikel

Siswa/i MAS Miftahul Falah Antusias Ikut Ujian TBS (Tes Bakat Skolastik)

Pelaksanaan Tes TBS sesi 1
Bireuen. Tes Bakat Skolastik (TBS) merupakan tes yang mengukur kemampuan potensial umum yang dirancang untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

Pelayanan TBS di sekolah bertujuan untuk memberikan informasi mengenai potensi belajar siswa didiknya. Sekolah akan memperoleh gambaran potensi siswa dalam menggunakan logika verbal, logika numerik, dan kemampuan siswa dalam mengorganisasi informasi untuk menyelesaikan masalah secara sistematis.

Pada hari Selasa (01/10/2019) siswa/i MAS Miftahul Falah melaksanakan Tes TBS disekolah setempat di LAB Sekolah yang sederhana, dari jumlah siswa/i 38 orang yang berhadir 36 orang, dalam pelaksanaannya, Tes TBS di bagi dalam tiga Sesi masing-masing sesi berjumlah 12 orang demikian yang di sampaikan ketua panitia pelaksana Novadiana, S.Pd, rencanya pelaksanaan Tes TBS hanya di laksanakan selama satu hari. 

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh TBS adalah prosedur pengembangan butir soalnya yang sudah terstandar sehingga soal-soal yang dikembangkan merupakan soal yang valid dan terkalibrasi. Melalui soal yang terkalibrasi maka hasil tes dari beberapa subtes yang berbeda, dari tahun yang berbeda, dari rakitan atau paket yang berbeda, akan dapat diperbandingkan. Akurasi prediksi prestasi siswa pada jenjang/kelas yang lebih tinggi dapat terlihat berdasarkan hasil TBS, artinya TBS mempunyai korelasi yang signifikan dengan prestasi belajar seseorang. Penggunaan tes prestasi dan tes potensi secara bersama akan memberikan gambaran kemampuan siswa yang lebih lengkap.

Salah satu langkah dilakukan Pusat Penilaian Pendidikan dalam membantu sekolah untuk mengetahui gambaran potensi siswa adalah melalui layanan Tes Bakat Skolastik. Layanan TBS diselenggarakan untuk sekolah-sekolah jenjang SMA/SMK di seluruh provinsi melalui tes berbasis komputer (Computerized Based Test - CBT). Penyajian dan pemilihan soal pada CBT dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel