Iklan Atas Artikel

Apa Itu Aliran Syiah? (Abu Mudi)


Syiah

Secara Bahasa Syiah berarti pengikut, Kalo Syiah Ali berarti pengikut saidina Ali. Namun Arti Syiah menurut Istilah yang di pakai dalam lingkungan kaum muslimin adalah golongan yang beri'tiqad  bahwa saidina Ali Ialah orang yang berhak menjadi khalifah setelah Nabi Muhammad SAW, dikarenakan Nabi telah berpesan pengganti beliau sesudah wafat ialah Saidina Ali krw.

Pada awalnya Aliran Syiah terbentuk oleh situasi politik yang berkembang pada masa itu, dengan seiring waktu keyakinan kaum syiah justru beralih menjadi teologis. kelahiran syiah tidak lepas dari peran seorang yahudi yang mengaku sebagai seorang muslim yang bernama "Abdullah Ibn saba. Imam Asy-Syahrastani menyebutkan tentang Ibnu saba' ini: "ia adalah orang yang pertama kali memunculkan pernyataan keimanan Ali bin Abi Thalib dengan adanya wasiat Nabi SAW  tentang itu, dia juga mengatakan bahwa Saidina Ali bukanlah mati, dan sebagian dari zat Tuhan menyatu dalam tubuh Saidina Ali.

Baca Juga. Kerajaan Islam Lingga

Imam Asy-Syahrastani juga menyebutkan tentang Sabaiyyah (pengikut Ibnu Saba), bahwa ia adalah sekte yang pertama yang menyatakan tentang hilangnya imam mereka dan akan muncul kembali di kemudian hari dengan membawa keadilan yang memenuhi bumi dan berpindah bagian ketuhanan pada imam-imam sesudah Ali.

Ibnu Saba pada suatu hari datang kepada Saidina Ali dan berkata "Anta, anta" (engkau-engkau) yakni: engkau adalah Tuhan. Mengetahui hal ini Saidina Ali sangat marah sehingga Ibnu Saba ditangkap dan dibuang ke Madain, lantas Saidina Ali berkata "janganlah pernah Kamu berdomisili bersamaku di suatu daerah untuk selamanya".

Tulisan Ini Kami Kutib Dari Buku "Syiah Dan Kesesatannya" yang ditulis Oleh Syeikh Abu H. Hasanoel Bashri H.G (Abu Mudi)

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel