Iklan Atas Artikel

PROMOSI PERPUSTAKAAN DIBIDANG PEMASARAN


Segala puji dan syukur hanya bagi ALLAH SWT , Tuhan semesta alam atas berkat Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BIDANG PROMOSI DIPERPUSTAKAAN ini. Shalawat beserta salam kepada sang junjungan alam Rasulullah SAW beserta para keluarganya, sahabat, dan orang-orang yang telah memperjuangkan agama islam.

Selama penyelesaian penulisan tugas ini penulis banyak mendapatkan bimbingan, pengarahan, dan bantuan dari berbagai pihak. Penulis dengan hati yang tulus ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada bapak “ARKIAN S.Sos” . sebagai dosen pengasuh yang telah membimbing saya sehingga makalah ini dapat diselesaikan.

Segala usaha telah dilakukan untuk menyempurnakan Tugas ini. Namun penulis menyadari Tugas ini masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu, dengan kerendahan hati penulis mengharapkan kritik dan saran untuk kesempurnaan tugas ini. Akhirnya, hanya kepada ALLAH SWT penulis menyerahkan segalanya dengan harapan tugas ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin Ya Rabbil ‘Alamin.

Wassalaam


Penyusun


PEMANFAAT (TI) DIBIDANG PEMASARAN DAN PROMOSI PERPUSTAKAAN

I. PENGERTIAN PEMASARAN DAN PROMOSI

Pemasaran adalah penganalisian, perencanaan, penerapan, dan pengawasan program agar terjadi pertukaran nilai dengan pasar yang ditargetkan demi tujuan organisasi. Promosi pelayanan perpustakaan perlu dilakukan supaya seluruh aktifitas yang berhubungan dengan jasa perpustakaan dapat diketahui dan dipahami oleh masyarakat. Kenyataan menunjukkan bahwa apresiasi masyarakat terhadap perpustakaan masih sangat rendah. Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa promosi perpustakaan adalah proses memperkenalkan seluruh kegiatan, layanan, dan koleksi yang ada diperpustakaan kepada masyarakat.

Baca Juga : Proposal Skripsi Perpustakaan

II.TUJUAN PROMOSI PERPUSTAKAAN

Ada beberapa tujuan promosi perpustakaan diantaranya adalah: 
1. Memperkenalkan fungsi perpustakaan kepada masyarakat pemakai. 
2. Meningkatkan minat baca dan mendorrong masyarakat agar menggunakan koleksi perpustakaan semaksimal mungkin. 
3. Memperkenalkan pelayanan dan jasa perpustakaan kepada masyarakat. 
4. Memberikan kesadaran kepada masyarakat akan adanya perpustakaan. 
5. Memasyarakatkan slogan “tak kenal maka tak sayang”. 

III.BEBERAPA SARANA PROMOSI DIPERPUSTAKAAN

1. Menggunakan Media Cetak

Surat kabar

Media surat kabar ini bisa dipakai untuk mendisplaikan buku-buku terbaru atau buku-buku yang sedang best seller di pasaran dan sudah dimiliki oleh perpustakaan.

Majalah
Majalah bisa dipakai untuk menampilkan profil singkat perpustakaan serta apa saja keunggulan maupun kekhasan sebuah perpustakaan yang bersangkutan yang tidak dimiliki oleh perpustakaan lainnnya.

Brosur
Brosur sangat efektif dipakai untuk memberikan informasi yang sifatnya beralur misalnya, cara menjadi anggota, di situ ditunjukkan prosesnya mulai dari datang ke perpustakaan sampai mendapat kartu anggota hinnga terjadi proses transaksi meminjam buku.

Pameran
Pameran buku merupakan ajang yang bagus untuk memancing masyarakat datang ke perpustakaan. Dengan rajin mengikuti pameran buku maupun mengadakan pameran sendiri akan membuat perpustakaan dikenal secara langsung oleh masyarakat.

2. Menggunakan media elektronik

Media televisi
Media televisi sangat efektif dipakai untuk memromosikan suatu produk barang atau jasa karena jangkauannya yang luas dan juga karena bentuk medianya yang audio visual.

Radio
Bagi perpustakaan lokal bisa memanfaatkan media radio untuk perpustakaannya. Mengingat radio adalah media audio maka bentuk atau isi iklannya dititik beratkan pada informasi-informasi insidental. Misalnya program perpustakaan yang berlangsung hanya mingguan.

Internet
Yaitu melalui penggunaan website yang menarik bagi perpustakaan yang bersangkutan akan memancing user untuk mendatangi perpustakaan tersebut. Website ini bisa menjadi perwakilan perpustakaan di dunia maya. Di sini bisa ditunjukkan seluk beluk perpustakaan mulai dari cara pendaftaran, Gedung, daftar koleksi, dan informasi lainnya.

IV.PEMANFAATAN (TI)

Menerut saya pemanfaatan TI diperpustakaan bidang promosi itu melalui media elektronik, yang lebih dominan disini adalah melalui internet, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk promosi perpustakaan yang dilakukan melalui internet diantaranya melalui:

Website perpustakaan itu sendiri.
Disini selain digunakan sebagai sarana promosi website perpustakaan juga bisa di gunakan untuk kepentingan lain perpustakaan.

Facebook
Di facebook kita bisa menambahkan teman-teman yang kita anggap perlu untuk mengetahui informasi-informasi baru yang ada di perpustakaan. Dan juga bisa untuk menginformasikan kepada pengguna jika ada daftar-daftar judul buku baru yang ada diperpustakaan.

Twitter
Saya rasa ini sama halnya dengan facebook disini kita bisa mempromosikan melalui peng-update-tan status.

V. SASARAN PROMOSI PERPUSTAKAAN

Sasaran Promosi perpustakaan berbeda untuk setiap jenis perpustakaan misalnya

o Perpustakaan Nasional
Sasaran Promosinya mencakup rakyat luas

o Perpustakaan Khusu
Sasaran promosi yang dilakukan masyarakat yang dilayani secara khusus, biasanya hanya orang-orang yang berada di dalam instansi tersebut

o Perpustakaan Perguruan Tinggi
Sasaran promosinya adalah mahsiswa, pegajar dan peneliti di perrguruan tinnggi tersebut

o Perpustakaan Sekolah
Sasarannya untuk siswa-siswi yang ada di sekolah tersebut

o Perpustakaan Umum
Sasaran promosinya yaitu tepat pada masyarakat yang berdomisili di daerah tersebut. Namun, secara umum dapat dijangkau.

VI. KENDALA DALAM MELAKUKAN PROMOSI PERPUSTAKAAN

 Fakor Internal

o Pengetahuan pustakawan tentang ilmu dan teknik pemasaran masih lemah
o Pandangan tradisional bahwa perpustakaan hanyalah sebuah gedung buku
o Gedung/fasilitas perpustakaan tidak memadai
o Lemahnya apresiasi pustakawan terhadap pegguna perpustakaan


 Faktor Eksternal

o Kurangnya dukungan dari pimpinan
o Pengguna perpustakaan hanya bersifat sementar
o Lemahnya manajemen organisi
o Budaya baca masyarakat dengan memamfaatkan perpustakaan sangat lemah
o Staf pengajar jarang memberi tugas kepada siswa yang dapat memaksa mereka untuk meggunakan perpustakaan.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel