Iklan Atas Artikel

ASPEK SOSIAL SISTEM INFORMASI


Sistem Informasi


BAB  I
PENDAHULUAN

A. Latar  Belakang

Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk manusia Sebagai Penunjang Kemajuan manusia. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusihingga sekarang. Hingga menciptakan obyek-obyek, teknik yang dapat membantu manusiadalam pengerjaan sesuatu lebih efisien dan cepat. Salah satunya adalah komputer. Hampir semua pekerjaan manusia memiliki hubungan dengan komputer. Sehingga pantas jika komputer adalah penemuan yang paling mutakhir dan yang paling berpengaruh pada kehidupan manusia.

Dengan munculnya komputer sebagai bukti kemajuan sebuah teknologi, komputer jugamerupakan sebuah teknologi yang menunjang perkembangan teknologi komunikasi daninformasi. Informasi telah menjadi suatu kebutuhan manusia karena dengan informasi manusiadapat mengetahui peristiwa yang terjadi di sekitarnya, memperluas cakrawala pengetahuannya,sekaligus memahami kedudukan serta perananya dalam masyarakat.

Salah satu bukti kemajuan teknologi informasi yaitu munculnya media massa, baik cetak ataupun elektronik. Kecenderungan misi media massa ditujukan untuk mendukung pembangunan, menempatkan media massa pada posisi terpenting dalam perumusan polakebijakan pembangunan nasional. Pers bukan saja menjadi mediator antara pemerintah denganmasyarakat, tetapi sekaligus patner pemerintah dan agen pembaharuan dalam segalakompleksitasnya yang berorintasi pada pembangunan nasional. Perkembangan media massasebagai sarana informasi di Indonesia, tidak lepas dari jalannya pembangunan nasional di segalasektor kehidupan masyarakat.

  Hal ini juga membuat munculnya sebuah masyarakat yang menjadikan informasi sebagai elemen penting sebuah kehidupan. Information society atau masyarakat informasi adalah suatu keadaan masyarakat di mana produksi, distribusi dan manipulasi suatu informasi menjadi kegiatan utama.


Pengaruh perkembangan masyarakat informasi akan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat yang menggunakan teknologi sebagai pendamping dalam menjalankan kehidupannya.

B. Rumusan Masalah

a) Apa yang di maksud dengan  masyarakat informasi?
b) Apakah pengertian Dari teknologi komunikasi?
c) Apa peran teknologi komunikasi dalam masyarakat informasi?
d) Bagaimana Pengaruh perkembangan masyarakat informasi terhadap kesejahteraan masyarakat?

C. Tujuan



BAB II
PEMBAHASAN

A. Masyarakat Informasi

Konsep masyarakat informasi muncul pada tahun 1970-an, di mana saat itu terjadi peralihan dari masyarakat industri menuju masyarakat informasi.Information societyataumasyarakat informasi adalah suatu keadaan masyarakat di mana produksi, distribusi danmanipulasi suatu informasi menjadi kegiatan utama.

Everett M. Rogers memberikan pengertian masyarakat informasi sebagai berikut:“Aninformation society is a nation in which a majority of labor force is composed of informationworkers and in which information is the most important element”.Masyarakat infromasiadalah suatu bangsa dimana sebagian besar pekerjanya terdiri dari pekerja informasi dandimana informasi menjadi elemen kehidupan yang paling penting. Yang dimaksud dengan“pekerja informasi” oleh Rogers adalah:orang-orang yang aktivitas utamanya membuat,mengolah atau menyampaikan informasi serta membuat teknologi informasi.Profesi pekerjainformasi antara laina dalah: guru, ilmuwan, wartawan, pembuat program computer,konsultan, sekretaris dan manajer. Orang-orang tersebut menulis, mengajar, memberikan perintah dan dengan kata lain, berurusan dengan informasi.

Masyarakat informasi berbeda dengan masyarakat industri atau agraris. Pada masyarakatinformasi semua kegiatan hampir tidak lepas dari komputer dan telekomunikasi. Informasimenjadi suatu hal yang penting, informasi menjadi sebuah produk yang ditawarkan daninformasi juga merupakan bahan baku yang akan diolah menjadi suatu informasi baru yanglebih berguna. Secara implisit masyarakat informasi ditandai oleh penggunaan komputer danmedia elektronik lain serta media audio visual.

Tipologi Jenis-Jenis pekerjaan di sektor komunikasi, menururt Lamberton(1981):

1. Prosedur Informasi. Para Pekerja ahli di bidang ilmu pengetahuan yang terdiri atas para peneliti dan teknisi (komponen). Pencari pasar dan spesialisasi koordinasi, pengumpulaninformasi, dan jasa konsultan.

2. Pengolahan informasi. Pekerja administrasi dan manjerial melakukan pekerjaan controldan supervise, kesekertariatan dan yang berkaitan dengannya.

3. Penyebar luas informasi. Tenaga-tenaga pengajar seperti dosen, guru, pelatih dansebagainya termasuk juru penerang dan tenaga penyuluhan lapangan.

4. Infrastruktur informasi. Pekerja informasi yang mengoperasikan mesin-mesin, pegawai pos dan telekomunikasi.

Setiap perubahan pada komponen di atas akan mempengaruhi pada kehidupan manusia, baikdalam struktur maupun fungsi dalam masyarakat. Arti penting dan fundamental darirevolusi komunikasi itu, ialah kemampuan manusia menghemat waktu dan menaklukan ruang.Penggunaan ruang dan waktu bagi manusia menjadi berubah. Kegiatan akan tersebar kesemuawaktu, sehingga ada penghematan energi dalam transportasi, karena komunikasi tidak lagitergantung pada jarak. Dalam hal ini, keperluan untuk berkumpul di tempat-tempat pemusatan(kampus, kantor, dan ruang konferensi) semakin berkurang.

Selain itu sebagai contoh kehidupan masyarakat informasi dapat diamati denganmunculnya sistem belajar jarak jauh (SBJJ), di mana proses belajar dilakukan dengan bantuanteknologi komunikasi (media dan internet). Selain itu, tumbuh juga masyarakat yang bekerja jarak jauh (tanpa kantor), konferensi jarak jauh, belanja jarak jauh, nikah jarak jauh, dansilahturahmi jarak jauh. Kesemua ini di mungkinkan oleh kemajuan teknologi3-K (komunikasi,komputer, dan kendali) yang canggih dan mutakhir.

Penaklukan ruang dan waktu, tampak sangat sederhana. Namun pengaruhnya akan sangatmendasar dan menyentuh segala segi kehidupan, mulai dari kehidupan pribadi dan keluargasampai kepada kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan beragama. Dengan adanya berbagaikegiatan yang dapat dilakukan dengan jarak jauh, maka waktu 24 jam sehari dengan mudahdiatur penggunanya. Konsep jadwal di mana manusia diatur oleh waktu sebagaimana dalammasyarakat informasi atau pascaindustri, setiap individu akan memiliki kesempatan yang cukupdalam mengatur waktu kerja, olahraga, bersantai, dan mengabdi kepada Tuhan.Dalam mayarakat informasi, tempat kerja akan kembali ke rumah mirip dengan keluargadalam agraris. Tetapi, rumah dalam masyarakat informasi, akan menjadi pusat elektronik daninformasi (electronic cottage) sehingga menjadi tempat seluruh keluarga ikut bekerja. Suami,istri, dan anak dapat paling saling membantu dan dapat saling menggantikan pekerjaan yanglainnya sehingga suatu keluarga dapat memiliki beberapa pekerjaan sampingan (part time)sekaligus. Dengan demikian, kesempatan berkumpul dengan keluarga dapat lebih banyak, dansilahturami dapat berjalan sesuai fitrah manusia.

B. Teknologi Komunikasi

Teknologi merupakan sebuah seperangkat untuk membantu aktivitas kita dan dapatmengurangi ketidakpastian yang disebabkan oleh hubungan sebab akibat yang melingkupidalam mencapai suatu tujuan.Teknologi komunikasi diartikan sebagai perlengkapanhardware, struktur organisasi, dan nilai-nilai sosial dimana individu-individu mengumpulkan,memproses dan tukar-menukar informasi dengan individu-individu lain.

Teknologi komunikasi seringkali dikaitkan dengan teknologi informasi. Hal inidikarenakan Teknologi komunikasi berarti semua teknologi informasi yang mendukungsemua teknologi komunikasi. Oleh karena itu, hadir sebuah istilah ICT (Information andCommnication Technogy) yaitu gabungan antar kedua aspek tersebut.Ciri-ciri dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi (ICT) ditandai dengan:

1. The Rise of Internet, munculnya Web dengan information super high way.

2. Convergencing Industries, munculnya industri digital yang mengglobal, danConvergecing Technologies, seperti CD digital, TV transmitte in digital format, telponseluler dll.

Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, yaitumemproses, mendapatkan, menyusun menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.


C. Teknologi komunikasi dalam masyarakat informasi

Teknologi komunikasi dan infromasi saat ini semakin maju, baik software maupunhardware. Kemajuan ini membentuk sebuah masyarakat informasi. Seperti yang telah dijelaskansebelumnya, masyarakat informasi merupakan masyarakat yang menjadikan informasi sebagai penunjang utama sebuah kehidupan.

Teknologi yang dijadikan sebagai teknologi utama masyarakat informasi yaitu komputer.Komputer merupakan bukti perkembangan suatu teknologi. Dengan munculnya komputer inimenyebabkan berkembangnya teknologi komunikasi dan teknologi informasi di kalanganmasyarakat, khususnya masyarakat informasi.

Masyarakat Informasi menghadapkan pada tantangan-tantangan baru dan kesempatan perkembangan-perkembangan menuju seluruh area dari masyarakat. Teknologi membantu kitauntuk membuat koneksi-koneksi baru. Koneksi-koneksi dimana tantangan tradisional menerimaapa yang mungkin, dan ketika hal tersebut menjadi mungkin. Perkembangan masyarakatinformasi telah menjadi bagian penting untuk masyarakat informasi sebagai ekonomi kecil yangterbuka di dalam pengembangan jaringan ekonomi global, dimana pengetahuan berbasis padainovasi yang menjadi kunci sumber dari penopang keuntungan yang kompetitif.


Pada tahap masyarakat informasi, teknologi komunikasi merupakan sebuah kebutuhan.Dasar karya untuk masyarakat informasi telah diletakkan dengan baik pada awal 1970an, yangmeningkatkan kepekaan kalangan bisnis, intelektual, dan masyarakat jepang terhadap nilaiteknologi dan produk informasi sebagai jalan yang paling tepat untuk mengembangkan masadepan. (john bowes dalam jurnal komunikasi, 1993).

Membicarakan teknologi komunikasi dalam masyarakat informasi tidak terlepas dariteknologi informasi. Berkembangnya teknologi informasi memicu cara baru dalam kehidupandimulai sampi dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya: kehidupanini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan elektronik.
  
D. Pengaruh Perkembangan Masyarakat Informasi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Kemajuan perkembangan teknologi, khususnya komunikasi, informasi danmultimedia ini pada akhirnya berpengaruh dalam merubah tatanan organisasi dan hubungansosial kemasyarakatan dikarenakan sifat fleksibilitas dan kemampuan telematika untuk masuk ke aspek kehidupan. Dampak teknologi komunikasi dapat terciri dari adanya perubahan yang terjadi di masyarakat baik kondisi ideologi, sosial budaya, politik, hinggakondisi keamanan suatu Negara.Berikut ini merupakan pengaruh perkembangan masyarakat informasi terhadapkesejahteraan masyarakat:

a. Bidang Pendidikan

Ada beberapa pendapat tentang teknologi pendidikan. Istilah yang digunakandalam bahasa Inggris adalah instructional technology ataueducational technology. Salahsatu pendapat ialah bahwainstructional technology means the media born of thecommunications revolutional which can be used for instructional purpose alongside theteacher, the book, and the blackboard (Commission on Instructional hal. 39). Jadi, yangdiutamakan ialah media komunikasi yang berkembang secara pesat sekali yang dapatdimanfaatkan dalam pendidikan.Alat-alat teknologi ini lazim disebut “hardware” antaralain berupa TV, radio, video tape, computer, dan lain-lain.

Di lain pihak ada pendapat bahwa teknologi pendidikan adalah pengembangan, penerapan dan penilaian sistem-sistem, teknik dan alat bantu untuk memperbaiki danmeningkatkan proses belajar manusia. Ada pula yang berpendapat bahwa teknologi pendidikan adalah pemikiran yang sistematis tentang pendidikan, penerapanmetode problem solving dalam pendidikan, yang dapat dilakukan dengan alat-alat komunikasimodern, akan tetapi juga tanpa alat-alat itu.Pada hakikatnya teknologi pendidikan adalah suatu pendekatan yang sistematisdan kritis tentang pendidikan. Teknologi pendidikan memandang soal mengajar dan belajar sebagai masalah atau problema yang harus dihadapi secara rasional dan ilmiah.

Jenis-jenis alat-alat teknologi pendidikan

Di sini akan kita bicarakan secara singkat beberapa alat pendidikan yang dapat dipandangsebagai alat teknologi pendidikan.

a. Papan Tulis
Alat penajaran ini sangat populer, digunakan oleh sekolah yang tradisional maupun yangmodern dan dapat dikombinasikan dengan alat pengajaran lainnya seperti radio, TV. Alat inidimanfaatkan dalam tiap metode pengajaran. Papan tulis dapat dipakai untuk tulisan, membuatgambar, grafik, diagram, peta, dan sebagainya dengan kapur yang putih maupun yang berwarna.

b. Gambar 
Gambar-gambar dapat dikumpulkan dari berbagai sumber seperti kalender, majalah, surat kabar, pamflet dari biro perjalanan, dan sebagainya. Gambar-gambar harus dikumpulkan dalam mapmenurut kategori tertentu agar mudah dicari kembali bila diperlukan.

c. Model
Model-model dapat merupakan tiruan dari benda yang sebenarnya seperti model mobil,kereta api, rumah, bintang, dan lain-lain.

d. Koleksi
Bermacam-macam koleksi dapat diadakan seperti macam-macam tekstil, batu-batuan, daunkering, mata uang, perangko, dan sebagainya.

e. Peta dan Globe
Geografi dan pelajaran sejarah akan pincang tanpa peta. Macam-macam peta harusdisediakan tentang tiap bagian dunia, juga peta ekonomi, penduduk, dan sebagainya.

f. Buku Pelajaran
Buku pelajaran merupakan alat pengajaran yang paling banyak digunakan di antarasemua alat pengajaran lainnya. Buku pelajaran telah digunakan sejak manusia pandai menulisdan membaca, tetapi meluas dengan pesat setelah ditemukannya alat cetak.

g. Film
Sejak ditemukan film, para pendidik segera melihat manfaatnya bagi pendidikan. Film pendidikan sekarang telah sangat berkembang di negara-negara maju. Telah banyak  perpustakaan filmyang meminjamkan film tentang segala macam topik dalam tiap bidang studi.Universitas demikian pula sekolah-sekolah telah banyak mempunyai perpustakaan film sendiri.Film di sana bukan merupakan barang luks lagi.

h. Filmstrip dan Silde
Filmstrip dan slide diperlihatkan kepada murid-murid dengan menggunakan proyektor. Yangdilihat adalah gambar “mati” jadi bukan gambar hidup seperti film. Gambar itu dapat merupakanfoto, table, diagram karton, reproduksi lukisan, dan sebagainya. Kecepatan memperlihatkan filmstrip dan slide dapat diatur oleh guru dan bergantung pada banyak komentar yang diberikantentang tiap gambar.

i. Tape Recorder
Tape recorder pada saat ini bukan barang mewah lagi. Alat ini sangat serasi untuk digunakandalam pelajaran bahasa. Laboratorium bahasa menggunakan tape recorder. 

j. Komputer
Komputer adalah hasil teknologi modern yang mempermudah murid atau mahasiswa dalammengerjakan semua kegiatan dalam sistem pengajaran. Semua sudah dapat dikerajakan dalamsistem komputer. Dari mengerjakan tugas mengetik, desain, dan banyak lagi fungsi-fungsikomputer.

Teknologi komunikasi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikanantara lain:

a) Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. 

b) Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswadan guru dalam proses pembelajaran.

c) Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.

b. Bidang Informasi Dan Komunikasi

Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain:

a) Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru dimanapun melalui internet.

b) Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanyadengan melalui telepon genggam, internet, fax, dll.

c) kita dapat melakukan perkerjaan dimana pun kita berada, tanpa harus datang kekantor ataupun mengadakan pertemuan di suatu tempat formal.


c. Bidang Sosial dan Budaya

Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat:

1) Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen,senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatif pada aspek.

2) Pemberi bantuan dalam suatu kejadian atau peristiwa di dalam negeri maupun luar negeri seperti, bencana alam, peperangan, pengobatan akibat wabah penyakit, dll.Dapat disalurkan secara cepat karena informasi komunikasi sekarang yang sangatmudah.

Indusrialisasi, Penguasaaan IPTEK, Pendidikan, dan Kebudayaan.

Perkembangan industri yang akan berlangsung di masa datang harus lebih cepat daripada perkembangan selama ini. Hal ini berkaitan erat dengan proses transformasi teknologi, yang jugaharus berlangsung dengan cepat dan tepat jika ingin mempercepat proses industrialisasi dalamupaya membangun bangsa yang maju dan mandiri, sejahtera lahir-batin.

Marilah sejenak kita simak perkembangan industri dan kemajuan teknologi untuk menunjukkan betapa pentingnya pendidikan pembudayaan teknologi. Ada beberapa tahap perkembangan teknologi yang dilalui oleh negara berkembang.

Tahap yang paling awal pada umumnya adalah tahap adopsi teknologi yaitumenggunakan jenis teknologi yang “dipinjam” dari negara lain penghasil teknologi itu (negara maju).

Tahap kedua adalah imitasi atau peniruan terhadap jenis teknologi yang ada dan langsungmengunakannya dalam proses produksi. Tahap imitasi ini dapat pula berupa modifikasi yaitudengan melakukan penyesuaian atau perobahan terhadap teknologi yang sudah ada, sebelumditerapkan dalam proses produksi.

Tahap yang paling maju adalah tahap inovasi yaitu menciptakan suatu jenis teknologiyang betul-betul baru. Didalam tahap inovasi ini dikenal tahap inovatif-iminatif yangmenciptakan sesuatu jenis teknologi yang “baru” dari teknologi yang sebenarnya sudah adanamun belum dikenali.Untuk sampai pada tahap inovasi, merupakan pekerjaan yang kompleks dan memerlukanwaktu dan proses yang panjang serta berkelanjutan. Kenyataan empirik menunjukan bahwanegara berkembang dapat tumbuh pesat dengan cara meminjam atau mengadopsi teknologi.Jepang misalnya, sangat berhasil dalam meminjam (mengadopsi) dan meniru (imitasi) teknologi negara maju. Demikian pula halnya dengan Taiwan. Kedua negara itu sangat pandaimemanfaatkan teknologi yang mereka pinjam dan tiru.

Kepandaian semacam ini jelas tidak datang seketika dari langit, namun dengan bekal modaldasar ilmu pengetahuan dan ketekunan yang kuat. Ada tiga hal yang diperlukan agar penggunaanteknologi secara adopsi atau imitasi itu berdaya ungkit kuat terhadap industrialisasi, yaitudiperlukannya informasi yang lengkap dan rinci mengenai teknologi tersebut, alat atau wahanadan sarana untuk menerapkannya, dan pemahaman (understanding) mengenai teknologi tersebut.Dengan demikian, dalam melakukan proses adopsi teknologi tidak hanya sekedar menerapkannya sebagai masukan dalam produksi, tetapi melibatkan suatu proses kelembagaan(institusional) yang terarah yang di dalamnya terdapat proses pendidikan dan pembudayaanteknologi.


BAB  III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Masyarakat informasi adalah suatu keadaan masyarakat di mana produksi, distribusi danmanipulasi suatu informasi menjadi kegiatan utama. Dan teknologi memiliki peran atau pendukung utama menjadikan masyarakat menuju masyarakat informasi. Di mana teknologimerupakan sebuah seperangkat untuk membantu dan mempermudah aktivitas kita dan dapatmengurangi ketidakpastian yang disebabkan oleh hubungan sebab akibat yang melingkupi dalammencapai suatu tujuan.

Tetapi masyarakat informasi harus secara kontekstual mempertimbangkan informasimana yang harus diekploitasi untuk memenuhi kebutuhan tujuan komunitas. Kemampuan untuk menyeimbangkan antara dampak positif maupun negatif harus diperlukan mayarakat. Bagaimanamemanfaatkan informasi teknologi dengan sebaik-baiknya dan meminimalkan dampak negatif sekecil-kecilnya. Salah satunya mengolah informasi yang muncul secara relevan. Juga denganrekomendasi-rekomendasi yang membantu masyarakat untuk mengacu pada sistem yang adadengan teknologi yang realistis.

Dengan begitu muncullah masayarakat informasi yang benar-benar kompeten dan kritis.Sehingga dapat memajukan tatanan kenagaraan/bangsa dan pada hakekatnya akan memunculkankesejahteraan bagi seluruh masyarakat dalam suatu negara. Selain itu pula, Perkembanganindustri yang akan berlangsung di masa datang harus lebih cepat daripada perkembangan selamaini. Hal ini berkaitan erat dengan proses transformasi teknologi, yang juga harus berlangsungdengan cepat dan tepat jika ingin mempercepat proses industrialisasi dalam upaya membangun bangsa yang maju dan mandiri, sejahtera lahir-batin

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel