Iklan Atas Artikel

EVALUASI WEB "MATA KULIAH TERBITAN INTERNASIONAL"


PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Laporan ini merupakan tugas TPBI yang bertujuan untuk mengevaluasi web pemerintah yang berkaitan dengan Terbitan Pemerintah dibidang Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Badan Pemeriksa Keuangan, World Food Programe, World Bank.

Pada laporan menjelaskan tentang terbitan-terbitan pemerintah dan informasi dibagian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Badan Pemeriksa Keuangan, World Food Programe, World Bank.

Tugas ini dilakukan dengan langkah pembagian tugas, mengerjakan tugas sesuai pembagian, pembacaan silang dan diskusi oleh anggota kelompok, kemudian menyusun hasil diskusi dalam bentuk power point.

Departement of Economic and Affairs
(http://www.un.org/en/development/desa)

EVALUASI

A. DESKRIPSI WEBSITE

Nama Website : Departement of Economic and Affairs (DESA)
URL : http://www.un.org/en/development/desa
Badan Penanggungjawab : Badan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB)

B. KELOMPOK PEMAKAI 

Kelompok pemakai website ini adalah Peneliti ekonomi kesejahteraan masyarakat internasional dan badan-badan Negara bidang ekonomi dan sosial.

C. SEKILAS TENTANG WEBSITE

Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial (DESA) ini bekerja sama dengan pemerintah dan pemangku kepentingan untuk membantu negara-negara di seluruh dunia memenuhi tujuan ekonomi, sosial dan lingkungan mereka. Pekerjaan yang dilakukan adalah membahas berbagai isu lintas sektoral yang mempengaruhi kehidupan masyarakat dan mata pencaharian. Dari pengentasan kemiskinan tata kelola untuk membiayai terhadap lingkungan, pekerjaan DESA adalah tentang kemajuan manusia untuk semua, terutama yang paling rentan. Kami pada dasarnya bersangkutan, tidak hanya dengan kemakmuran global saat ini, tetapi juga untuk besok.

Visi untuk kemajuan manusia melampaui mempromosikan kesepakatan global dan pada dasarnya adalah tentang tindakan. Bekerja sama dengan pemerintah dan mitra lainnya, DESA mencari solusi konkret. Kami berkomitmen untuk mengatasi masalah yang paling mendesak di dunia dan mengambil langkah yang diperlukan untuk membantu menciptakan dunia yang lebih baik untuk semua - sebuah dunia yang inklusif, sejahtera dan berkelanjutan.


Salah satu kontribusi utama DESA adalah menyediakan penelitian dan analisa kebijakan bagi pemerintah anggota untuk digunakan dalam pembahasan dan pengambilan keputusan. Sepanjang dekade terakhir, analisis kebijakan mendalam DESA telah membantu menyelesaikan banyak masalah sosial-ekonomi yang paling mendesak di dunia. Dengan memfasilitasi konferensi global dan pertemuan puncak, seperti yang diamanatkan oleh negara-negara anggota PBB, DESA membantu negara-negara yang menemukan kesamaan dan mengambil langkah tegas ke depan. Selain itu, DESA mengatur dan mendukung konsultasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk sektor swasta dan masyarakat sipil. Atas permintaan, DESA juga memberikan nasihat dan membantu pemerintah dalam melaksanakan kebijakan dan program yang dikembangkan di konferensi PBB kembali di negara asal mereka.

D. CAKUPAN INFORMASI

Informasi yang terdapat diwebsite ini ada dihalaman home dan bagian publikasi yaitu artikel biasa yang bisa kita download dan disajikan dalam bentuk PDF.

E. LAYANAN WEBSITE

Didalam website ini terdapat layanan contact us yang dapat dimanfaatkan oleh pembaca untuk mengajukan pertanyaan berbentuk pesan yang dikirim melalui email dengan memasukkan data penenya seperti yang disediakan, kemudian akan diumpan balik melalui email anda. Layanan contacs lainnya bisa melalui facebook, twitter, slideshare, youtube, dan RSS.

F. SUSUNAN MENU WEBSITE 

Susunan website DESA ini tersusun secara sistematis.

G. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WEBSITE

KELEBIHAN

ü Email sebagai sarana bertukar pikiran atau pendapat antara pembaca dengan para pengamat ekonomi internasional.

ü Secara keseluruhan dan garis besar website ini sudah sangat bagus dan mudah diakases.

ü Halaman per menu disusun denngan sangat baik.

ü Website ini tersedia dalam beberapa bahasa seperti Inggris. Prancis, Spanyol, Arab dan Mandarin.

ü Bisa berlangganan berita yang ada diweb melalui email.

ü Tersedia Layanan contacs us yaitu bisa mengajukan pertanyaan, kritikan dan saran yang ditulis pembaca melalui email guna untuk mengetahui informasi ekonomi dan sosial yang ada diseluruh dunia.

ü Layanan mesin pencari (search engine).

ü Tidak perlu di login.

ü Mudah diakses.

KEKURANGAN

ü Tidak tersedia dalam bahasa Indonesia.

ü Tidak ada menu login anggota secara online.

ü Tidak ada landasan hukum atau norma-norma maupun qanun-qanun

ü Informasi yang sudah di tampilkan di suatu menu , namun di tampilkan lagi di menu laen nya.

CONTOH PERTANYAAN

1. Dimana saya dapat menemukan artikel tentang ekonomi dan sosial internasional?
Jawab: kunjungi website http://www.un.org/en/development/desa pilih submenu “Publications” kemudian klik.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel