Iklan Atas Artikel

STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN

Strategi Promosi Perpustakaan

STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN

Promosi perpustakaan merupakan rangkaian kegiatan perpustakaan yang dirancang agar masyarakat mengetahui manfaat sebuah perpustakaan melalui koleksi, fasilitas, dan produk/ layanan yang disediakan. Promosi perpustakaan pada dasarnya merupakan forum pertukaran informasi antara organisasi dan konsumen dengan tujuan utama memberikan informasi tentang produk atau jasa yang disediakan oleh perpustakaan sekaligus membujuk pemakai untuk bereaksi terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.  Hasil dari promosi adalah tumbuhnya kesadaran sampai pada tindakan untuk memanfaatkannya.

Baca Juga : Perpustakaan Digital dan Hybrida

Tujuan Promosi perpustakaan adalah aktivitas memperkenalkan perpustakaan dari segi fasilitas, koleksi jenis layanan, dan manfaat yang dapat diperoleh oleh setiap pemakai perpustakaan, promosi perpustakaan Bertujuan Untuk :
  1. Memperkenalkan fungsi perpustakaan kepada masyarakat pemakai.
  2. Menumbuhkan minat baca dan meningkatkan minat masyarakat agar menggunakan koleksi perpustakaan  lebih maksimal serta menambah jumlah pembaca.
  3. Mempromosikan pelayanan dan jasa perpustakaan kepada masyarakat.
  4. Memberikan kesadaran masyarakat akan adanya pelayanan perpustakaan dan menggunakannya, serta  mengembangkan pengertian masyarakat, agar mendukung kegiatan perpustakaan.
  5. Memasyarakatkan slogan “tak kenal maka tak sayang”
Agar promosi perpustakaan dapat berjalan dengan baik maka diperlukan beberapa unsur yang harus diperhatikan yaitu :
  1. Bahan Pustaka merupakan unsur penting artinya koleksi apa saja yang dimiliki oleh           perpustakaan sebagai bahan promosi (tercetak, elektronik, web).
  2. Jasa ialah layanan yang diberikan oleh perpustakaan.
  3. Petugas adalah pengelola perpustakaan yang tahu persis tentang kondisi perpustakaan serta sebagai pelaksana dalam pembuatan sarana promosi.
  4. Pengunjung yang dikenal dengan pengguna perpustakaan merupakan orang yang memanfaatkan perpustakaan, sebagai sasaran dari promosi.
  5. Media merupanakan saluran atau alat yang digunakan sebagai sarana menyampaikan promosi.
  6. Sarana/Prasarana merupakan peralatan yang tersedia dalam pelayanan perpustakaan.
Ada beberapa metode dalam mempromosikan perpustakaan yaitu berupa:

  • Nama dan logo
  • Poster dan leaflet
  • Pameran
  • Media dan video
  • Ceramah
  • Iklan
  • News-letter
  • Pembatas Buku (bookmark)
  • Terbitan Khusus Perpustakaan
  • Seminar
  • Melakukan kegiatan
  • Penyebaran Brosur

STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN

  1. Menjalin komunikasi dengan pemustaka, memanfaatkan ilmukomunikasi dalam segala bentuk kegiatan promosi, oleh karena itu diperlukan pengetahuan dalam berkomunikasi dengan pemustaka, lingkungan, fasilitas dan bahan pustaka yang ada. Beberapa sikap dalam berkomunikasi dapat ditunjukkan dengankemampuan memiliki wawasan yang luas, tingginya integritas dan kemampuan dalam berkomunikasi.
  2. Membangun kerjasama dengan pihak ketiga. Sebenarnya tidak satupun perpustakaan yang mampu memberikan layanan optimal dalam memenuhi kebutuhan pemustaka, jadi perlu kerjasama terutama dalam layanan promosi. Kerjasama dapat dilakukan dalam kegiatan sehari-hari atau secara insidentil. Kerjasama dapat dilakukan dengan : instansi terkait (pendidikan, perpustakaan nasional/provinsi/kabupaten/kota, pemerintah, penerbit, toko buku) atau dengan lembaga/orang yang berkompeten dengan perpustakaan (LSM, tokoh masyarakat). Membuat program promosi yang meliputi : penetapan sasaran/prioritas; menentukan prosedur/tindakan serta menyusun rencana kerja. Adapun dalam pembuatan program promosi ini perlu menetapkan pendekatan yang dipakai yaitu : melalui iklan, melalui kontak pribadi atau melalui penciptaan “suasana” (atmosphere), melalui publikasi atau pemberian reward.

SUMBER BIBLIOGRAFI

Buku  

Mustafa, Badollahi. Promosi Jasa Perpustakaan. Jakarta, Universitas Terbuka, 1996. Basuki, Sulistyo. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta, Gramedia Pustaka Umum, 1993.

Website

Widuri, Noorika Retno. “Pemasaran Jasa Informasi Di Perpustakaan”. Http://Pustaka.Uns.Ac.Id/?Menu=News&Option=Detail&Nid=87. (Akses Pada 05 Januari 2015).

Syahid, Nur. “Strategi Pemasaran Perpustakaan Perguruan Tinggi”. http://pemasaran.wikispaces.com/file/view/strategi+pemasaran+jasa.pdf. (Akses Pada 05 Januari 2015).

JURNAL

Afriani, Nova. Yunaldi. “ Peranan Promosi Perpustakaan Terhadapa Kunjungan Pemustaka Diperpustakaan Umum Kota Solok”. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan Vol.1, No.1, September2012, Seria. Http://Download.Portalgaruda.Org/Article.Php?Article=24643&Val=1516. (Akses pada 05 Januari 2015).



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel